Sergai Rawan Terjadi Banjir, Usman Effendi Sitorus S.Ag : Itu Karena Pemanfaatan DAS Tidak Tepat - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad

Space Iklan

Post Top Ad

test banner

1/22/2018

Sergai Rawan Terjadi Banjir, Usman Effendi Sitorus S.Ag : Itu Karena Pemanfaatan DAS Tidak Tepat


Sergai,sinarsergai.com – Bencana banjir yang setiap tahun terjadi di Kecamatan Sei Rampah, Sei Bamban dan Tanjung Beringin,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), salah satu penyebabnya tidak tepatnya penggunaan Daerah Aliran Sungai (DAS). Dalam hal ini kita minta pemerintah daerah saat melaksanakan pembangunan tidak menggunakan DAS.

Pihak yang berkompeten diharapkan dapat melakukan pengkajian terlebih dahulu akan dampak digunakan DAS, jika memang berdampak tidak baik bagi masyarakat, ya jangan dikeluarkan izinnya maupun rekomendasinya walaupun itu pembangunan pemerintah. Bagaimana mau bagus, jika pemerintah saja menggunakan DAS tanpa melalui pengkajian dari pihak yang berkompeten.

Kedepan kata anggota Komisi B DPRD Sergai Usman Effendi Sitorus S.Ag,M.SP, Senin (22/01/2018) di sela-sela peninjauan bangunan Puskesmas Tanjung Beringin yang berdiri di daerah aliran sungai, pemerintah daerah ini diminta dalam merencanakan pembangunan dan pelaksanaannya harus melibatkan BKPRD (Badan Kordinasi Penataan Ruang Daerah). Hal ini penting untuk mengantisipasi bencana banjir yang setiap tahun terjadi didaerah ini, khususnya di saat curah hujan tinggi.


Tidaklah dikarenakan pemerintah yang akan melaksanakan pembangunan lantas sewenang-wenangmenggunakannya, seperti pembangunan PDAM Tirtanadi yang berdiri di Dusun IX Belidaan Desa Cempedak Lobang, daerah itu merupakan serapan air. Semestinya ada pengkajian sebelum dilaksanakan pembangunannya, walaupun itu pemerintah sendiri.Bukan dikarenakan pemerintah, lantas sesuka hati tanpa memikirkan dampak bencananya.ungkap Usman didampingi Arton Sihombing, Wali Usman, Lestari dan Kapus Tanjung Beringin drg.Rina Manurung.(R-03/SB-08)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here