300 Titik Lampu Tenaga Surya Sudah Dipasang, Jalinsum Masih Gelap Gulita - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad

Space Iklan

Post Top Ad

test banner

6/30/2019

300 Titik Lampu Tenaga Surya Sudah Dipasang, Jalinsum Masih Gelap Gulita

Jalan didepan pintu tol Teluk Mengkudu menuju Desa Matapaodan Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu,Sergai,masih gelap gulita meski sudah dipasang tiangnya,Minggu (30/62019)
                                           

Perbaungan,Sinarsergai.com – “Suasana malam di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) semesti sudah terang benderang dengan ada pemasangan 300 titik Lampu Tenaga Surya Hemat Listrik (LTSHE) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara,sejak Sabtu (29/6/2019), namun sangat disayangkan, badan Jalinsum masih seperti dahulu gelap gulita. Ternyata hanya pemasangan tiang doing dan lampunya mungkin belum tersambung dengan tenaga surya atau tenaga suryanya tidak mampu menyalurkan tenaganya.”

Akibat tiang yang dipasang tak mengeluarkan cahaya, Jalinsum yang berada persis didepan pintu Jalan Tol Teluk Mengkudu menuju Desa Matapao, Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai, sudah hampir dua malam ini tidak ada pancaran cahaya dari tiang lampu yang dipasang.
Jalan didepan Pintu Tol Teluk Mengkudu menuju warung bebek (75) dan Mapolres Sergai, Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah,Sergai, terlihat terang disinari cahaya lampu tenaga surya hemat listrik,Minggu (30/6/2019)

Pemadangan gelap gulita ini dapat dicek langsung oleh pejabat terkait sehingga dapat mengetahui berapa tiang yang lampunya menyala dan berapa tiang hanya sebagai pajangan saja.Ucap Rijal warga Kecamatan Teluk Mengkudu, Minggu (30/6/2019) sekira pukul 21.10 Wib ketika usai melintasi jalan tersebut.

Ungkapan terimakasih tentunya kita sampaikan kepada Presiden RI Ir.Jokowi yang telah perhatian dengan masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 300 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi diberikan untuk Pemkab Sergai yang sudah dipasang di Jalinsum yakni dari Jalan area Sei Ular Kecamatan Perbaungan menuju Jalan Pantai Cermin.

Kalau bicara Jalan Pantai Cermin, sebelumnya sudah terpasang lampu namun tidak lama usianya sudah padam. Anehnya, di Kecamatan Teluk Mengkudu ada juga pemasangan tiang LTSH, tapi tidak ada cahayanya malam hari. Apakah LTSH ini berfungsi di subuh hari baru mengeluarkan cahaya. Beda dengan LTSH yang dipasang di depan Jalan Tol menuju Warung Bebek, lampunya mengeluarkan cahaya yang terang malam hari.

“Diharapkan pejabat berkompeten bertempat tinggal di Sergai sehingga dapat melakukan pengecekan tiang lampu yang sudah dipasang dan yang belum berfungsi. Jangan melakukan pengecekan disubuh hari, pasti mengantuk dan tidak terkejar waktunya dari Medan”.ujar Rijal dengan nada tersenyum.

Terkait dengan itu, diharapkan Bupati Sergai Ir.H.Soekirman dan Wakil Bupati Sergai H.Darma Wijaya tidak takut dengan Kepala OPD dan PNS yang masih enggan bertempat tinggal di Sergai. Sampaikan teguran dengan suara lemah lembut, diyakini pejabat yang bekerja di Pemkab Sergai akan mengikuti himbaun Bupati untuk bertempat tinggal di Sergai.cetus Rijal lagi.

Secara terpisah, Bupati Sergai H Soekirman usai menghadiri acara di Kota Medan mengemukakan saat ini jalan Sei Ular menuju ke Pantai Cermin sudah terang benderang di malam hari. Ini merupakan lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS), Sebagai upaya dan sinergitas yang dilakukan Pemkab Sergai dengan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bupati menambahkan bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan daerah yang layak untuk dikunjungi siang dan malam. Hal ini juga akan menyimpan daya tarik bagi pengunjung yang datang, karena kondisinya sudah terang benderang.

Oleh karenanya Bupati berharap agar masyarakat bersama-sama dengan unsur pemerintahan menjaga agar infrastruktur ini tetap dalam kondisi baik sehingga dapat bermanfaat lebih lama untuk kita semua.

Lampu memberikan banyak manfaat karena banyak masyarakat yang beraktivitas di malam hari. Infrastruktur baik jalan maupun penerangannya sangat dibutuhkan masyarakat, oleh karenanya ini menjadi perhatian utama bagi pemerintah daerah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jika jalan sudah terang, maka perekonomian semakin kencang," ujar Bupati. (Red)




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here