HATTI Sumut Gelar Seminar Nasional, Pembicara Kaliber Internasional - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

6/16/2019

HATTI Sumut Gelar Seminar Nasional, Pembicara Kaliber Internasional

Para pengurus HATTI KomdaSumut Sumut berfoto bersama sesuai memberikan keterangan kepada para wartawan di Medan, Minggu (16/6/2019).

Medan, Sinarsergai.com -  Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) Komisariat Daetah Sumatera Utara (Komda Sumut) akan menggelar seminar berskala nasional di Kota Medan pada bulan September nanti. Sejumlah pembicara berkaliber.nasional dan internasional akan hadir dalam acara ini untuk menyebarluaskan tentang betapa pentingnya ilmu teknik tanah atau geoteknik dalam pembangunan fisik, baik pembangunan gedung, jalan, waduk, maupun jembatan.

"Di Indonesia, tidak banyak orang yang memahami pentingnya ilmu geoteknik, termasuk dalam dunia konstruksi dan infrastruktur yang kini sedang giat dikembangkan Presiden Joko Widldo. Bahkan, ahli geoteknik yang tersertifikasi sendiri jumlahnyanjuga bisa dihitung dengan jari" ujar  Ir Simon Dertha Tarigan MT, Ketua HATTI Komda Sumut, kepada para wartawan di Medan, Minggu (16/6/2019) sore.

Karena itulah, ujar Simon Dertha, salah satu upaya untuk mengenalkan betapa pentingnya ilmu geoteknik atau ilmu tanah, pihaknya menggelar seminar nasional tersebut pada hari Kamis sampai Jumat (19-20/9/2019) di JW Marriott Jalan Putri Medan.

Saat itu, Simon yang juga dosen di UNIKA Santo Thomas Medan, didampingi oleh Ir Samsuardi Batubara MT selaku Sekretaris HATTI Komda Sumut, Prof Dr Ing Ir Johanes Tarigan selaku Penasehat Seminar,  Ir Berlin Tampubolon MT selaku Ketua Panitia Seminar, dan para pengurus lainnya.

Kata Simon Dertha, seminar mengambil tema "Penerapan Rekayasa Geoteknik pada Pembangunan Infrastruktur Nasional: Tantangan, Solusi, dan Inovasi".  Kata Simon, kegiatan itu didukung oleh sejumlah kampus, perusahaan konstruksi BUMN dan swasta, para mahasiswa, para profesional, dan unsur lainnya. 

Seminar nasional itu akan menghadirkan sejumlah pembicara berkompeten, baik dari dalam maupun luarnegeri seperti  Prpf Masyhur Irsyam MSE PhD selaku Ketua Umum HATTI dan dosen di Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Ikuo Towhata selaku Vice President ISSMGE for Asia dan dosen di Departemen Teknik Sipil Universitas Tokyo Jepang, Dr Ir Indra Sati Hamonangan Harahap MSCE selaku dosen di Universiti Teknologi Petronas Malaysia, dan pembicara lainnya.

Sementara itu  Sekretaris HATTI Sumut Samsuardi Batubara k menambahkan, Simon Dertha Batubara selaku Ketua HATTI Sumut juga tampil sebagai pembicara. 

"Seminar ini selain didukung LPJKD (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah) Sumut, juga didukung oleh pemerintah.ousat, dalam hal ini stakeholder utama kita yakni Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Ini terbukti dari tampilnya Pak Achmad Trunajaya ST MT selaku Kasatker P2JN Balai BPJN II Kementerian PUPR yang akan menjadi salah satu pembicara dalam seminar nasional yang kita.gelar September nanti," kata Samsuardi.

Prof Dr Ing Ir Johanes Tarigan selaku Penasehat Seminar menegaskan, latar belakang utama dan semangat yang mendasari seminar ini adalah diperlukannya suatu teknologi dan inovasi di bidang geoteknik dalam pembangunan suatu konstruksi besar.

Tidak hanya di Indonesia, Johanes Tarigan menyebutkan Provinsi Sumatera Utara.juga sangat membutuhkan inovasi dari ilmu dan aplikasi geoteknik. Ini mengingat sejumlah proyek besar, baik jembatan maupun jalan tol yang dikerjakan pemerintah, atau proyek bangunan besar yang dikerjakan swasta, banyak dikerjakan di Sumatera Utara.

"Melalui ilmu geoteknik kita baru bisa tahu kalau Belawan itu tanahnya sangat lembek, sehingga membutuhkan kajian yang tepat dari ilmu geoteknik jika ingin membangun sebuab proyek besar di daerah Belawan. Jadi bukan sekadar menimbum tanah saja,"' tegas Johanes Tarigan.(rik)




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad