Sergai Jadi Tuan Rumah Indonesia Oil Palm Marathon Oktober 2019 - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad

Space Iklan

Post Top Ad

test banner

6/23/2019

Sergai Jadi Tuan Rumah Indonesia Oil Palm Marathon Oktober 2019




Medan,Sinarsergai.com - Dalam waktu yang tak lama lagi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan semakin dikenal di dunia internasional. Ini berpotensi terjadi karena daerah subur yang dipimpin oleh Bupati Sergai H Soekirman dan Wakil Bupati Darma Wijaya tersebut ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksana Indonesia Oil Palm Marathon, Run For Sustainable pada Minggu (13/10/2019) nanti.


Realisasi lomba marathon ini sudah ditunggu oleh berbagai komunitas olahraga marathon Sumut, nasional, dan internasional. Akhirnya Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Sumatera Utara (Sumut) dan Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) meluncurkan Indonesia Oil Palm Marathon "Run for Sustainable" di Hotel Shantika Medan, Minggu (23/6/2019), pukul 06.00 WIB. 

Peluncuran tersebut ditandai dengan pelaksanaan lomba lari marathon 5 kilometer yang diikuti berbagai komunitas lari marathon, masyarakat, para petinggi dan karyawan perusahaan sawit, dan lainnya, dan dilepas oleh Direktur Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dono Boestami.

Sebagai informasi, peluncuran Indonesia Oil Palm Marathon (IOPM) ini secara terbatas dilaksanakan di Graha Mandiri Jakarta beberapa waktu lalu. Sementara peluncuran di Medan melibatkan masyarakat agar semakin diketahui secara luas. 

Ketua Panitia IOPM H Kacuk Sumarto kepada para wartawan menjelaskan, IOPM akan melintasi berbagai perkebunan sawit milik PT Socfindo, PT London Sumatera (Lonsum), dan PT Karya Hevea Indonesia yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada hari Minggu (13/10/2019).    

"Lomba lari ini akan diikuti oleh para atlet dari kalangan masyarakat, profesional, TNI/Polri, atlet marathon internasional, dan lainnya, dengan total hadiah Rp 264 juta. Lomba marathon inimatematika terdiri dari 42 kliometer (42 K), 21 K, 10 K, dan 5 K. Calon peserta terserah mau pilih yang mana. Biaya pendaftaran dari Rp 100.000 sampai Rp 400.000 per orang," ujar Kacuk.

Sekretaris Panitia Timbas Prasad Ginting mengatakan, acara itu disponsor dan didukung oleh BPDPKS dan Gerakan Indonesia Bersih yang. Diluncurkan oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman pimpinan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga mengatakan, acara ini sebagai bagian kampanye positif sawit lestari. 
Sementara itu, Dono Bustami selakus Direktur Direktur Utama BPDPKS, yakin, sawit banyak manfaatnya. Kata Dono, selain untuk pembiuatan migor, juga untuk biodiesel. 

Ia yakin acara itu akan berjalan sukses, apalagi melihat tingginya antusiasme para pelari dalam peluncuran acara tersebut.
Menurut Dewan Pembina GAPKI Pusat Joelfly Bachroeni yakin IOPM merupakan bagian dari edukasi masyarakat Indonesia dan Sumut, tentang sawit yang berkelanjutan.

"Sebelum kita antisipasi serangan luar berupa black campaign, kita mesti edukasi orang dalam sendiri, dalam hal ini Sumut, agar tahu bahwa sawit sangat sustainable, sangat berkelanjutan," tegas Joelfly.(rik)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here