Anggota DPRD Kota Medan Terpilih Sosialisasikan Peraturan Daerah - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

7/27/2019

Anggota DPRD Kota Medan Terpilih Sosialisasikan Peraturan Daerah



Medan, Sinarsergai.com- Anggota DPRD Medan yang terpilih kembali dalam pemilu 17 April 2019, Roby Barus SE, mensosialisasikan  Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 3 Tahun 2013 tentang Retribusi Pelayanan dan Pemakaman dan Penguburan Mayat"  di Jalan Mawar 11, Perumnas Helvetia Medan, Sabtu (27/7/2019) sore.

"Perda ini harus disosialisasikan karena persoalan pelayanan pemakaman dan pengabuan menjadi peraoalan bersama. Satu contoh kemarin ada warga Jalan Karang Berombak Medan yang akhirnya dikuburkan di daerah lain," ujar Roby saat menyampaikan kata sambutannya.
Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh hampir seratus warga di sekitar Jalan Mawar. Roby memastikan bahwa perda yang dibuat untuk melayani semua warga Kota Medan, apapun agamannya. 

"Yang umat Buddha pun, misalnya, disediakan juga soal pengabuam. Jadi, semua agama dilayani oleh Pemko Medan. Tinggal sekarang adalah penyediaan tanah untuk pekuburan dna fasilitas lain terkait pemakaman," ujar Roby. 
Warga sangat antusias dengan pemaparan Roby Barus. Saragih, misalnya, mengaku menyebutkan persoalan lahan pekuburan telah menjadi persoalan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly saat melakukan kunjungan ke Perumnas Helvetia. 

Pihaknya pun telah menyampaikan persoalan ini ke Pemprov dan DPRD Sumut, namun tidak ada solusi yang tuntas. 
"Kalau saya wafat, mungkin mayat saya dibawa ke kampung untuk dikuburkan. Taoi ini kan persoalan hingga 30 tahun ke depan yang perlu ada solusi sejak awal," ujar Saragih.

Sementara warga lainnya bernama Iwan menyampaikan aspirasi agar persoalan bilal diperhatikan, terutama honor dan kesejahteraan mereka. Sebab, rata-rata bilal berusia tua. Menanggapi hal itu, Roby Barus menyebutkan Gubsu Edy Rahmayadi telah menuntaskan persoalan lahan pekuburan dengan menyediakan 20 hektar lahan eks HGU PTPN 2 di Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. 

"Memang agak sedikit jauh dari tempat kita ini, tapi ya enggak apa-apalah,di masa depan kota jangan lagi ada lahan pekuburan, di sekitar kota kita dirikan lahan pekuburan," ujar Roby Barus.
Sementara terkait uang bilal, Roby selaku anggota Panitia Anggaran DPRD Medan akan menaikan dana bilal sebesar Rp. 300.000/bulan menjadi Rp. 500.000/bulan.(rik)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad