Kabut Tebal Iringi Kunjungan Jokowi dan Gubsu ke Wisata Rohani - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad



Post Top Ad

7/30/2019

Kabut Tebal Iringi Kunjungan Jokowi dan Gubsu ke Wisata Rohani




Tapanuli Utara, Sinarsergai.com- Perjalanan hari kedua di kawasan Tanah Batak, Selasa (30/7/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan seluruh rombongan bergerak menuju Kabupaten Tapanuli Utara.

Kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. Turut hadir dalam kunjungan itu yakni Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara dari Sumut, ikut mendampingi Ketua TP-PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Kadis Pariwisata Sumut Hidayati, Kepala Kesbangpol Sumut Anthony Siahaan, serta pejabat lainnya.

Presiden Jokowi dan rombongan berkunjung ke lokasi wisata rohani Salib Kasih di Siatas Barita, Tarutung, Tapanuli Utara. Kabut tebal dan udara dingin mengiringi kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan ke Bukit Salib Kasih tersebut.

Memang, sebagai informasi, Kabupaten Tapanuli Utara, termasuk daerah Siatas Berita yang menjadi lokasi Bukit Salib Kasih adalah daerah yang memiliki suhu udara dingin dan sering diselimuti kabut tebal.

Sesampai di lokasi tersebut, ribuan warga sudah menunggu dan sangat antusias untuk bertemu langsung dengan orang  nomor 1 di Indonesia ini. Presiden Jokowi pun langsung menyapa dan memenuhi permohonan swafoto atau foto selfie dengan warga.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi melihat dan mendegarkan paparan dari Bupati Taput Nikson Nababan tentang keberadaan Salib Kasih.

Kata Nikson kepada Presiden Jokowi, lokasi wisata rohani itu luasnya 72 hektare (ha) itu dikunjungi sekurangnya 2.000-an orang setiap bulan. Mulai dari wisatawan lokal hingga nusantara. Ditunjuk sebagai satu dari puluhan titik kunjungan di kawasan Danau Toba dan sekitarnya.

Nikson menambahkan, tempat bersejarah itu juga terdiri dari beberapa zona di antaranya zona komersial, zona sejarah, zona rekreasi dan permainan, zona ibadah dan zona taman margasatwa.

"Seluruhnya disiapkan untuk menampung wisatawan yang ingin memilih zona tertentu. Termasuk penjualan cenderamata sebagai buah tangan khas daerah itu," ujar Nikson kepada Presiden Jokowi dan rombongan.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi bersama Ibu Iriani Joko Widodo juga sempat melihat pameran kecil ulos dan pernak-pernik yang biasa disajikan pengelola tempat wisata di pintu masuk menuju bangunan Salib Kasih di bagian atas bukit, tidak jauh dari lokasi kunjungan Presiden.

Sementara di bagian halaman zona rekreasi dan permainan serta panggung seni di depan pintu masuk, ribuan warga dari segala usia ikut memadati lokasi tersebut. Jokowi pun menyapa warga yang sedikit berdesakan ingin melihat Presiden dari dekat.

Usai melihat lokasi wisata rohani Salib Kasih, Jokowi pun beranjak menuju lokasi kunjungan berikutnya ke Toba Nomadic Escape di Sibisa, Kabupaten Tobasa.

Namun perjalannya menuju pintu keluar dihambat ribuan warga yang ingin menemui Presiden sekaligus mengambil kesempatan bersalam hingga berswafoto.

Kerumunan warga yang telah hadir sejak pagi sekitar pukul 07.30 WIB, mengelilingi Jokowi bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk mengabadikan gambar kunjungan Presiden, yang untuk pertama kali datang ke tempat tersebut.

Ditemui terpisah, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi perhatian Presiden dan Pemerintah Pusat kepada kawasan Danau Toba dan sekitarnya, sebagai tujuan wisata andalan di Sumut, bahkan Nusantara.

“Ada puluhan lokasi wisata seperti ini di 7 kabupaten se-kawasan Danau Toba. Yang nanti akan dikembangkan. Kita berharap turis lokal maupun internasional akan datang ke tempat ini,” ujar Gubernur.(rik)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad