Pemalsu Plat Nomer Polisi Kendaraan Bisa Dipidana - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

7/28/2019

Pemalsu Plat Nomer Polisi Kendaraan Bisa Dipidana

ilustrasi Polisi tindak pengemudi pemalsu plat nomer polisi (Foto/int)

Jakarta,Sinarsergai.com - Bagi siapa saja yang melakukan pemalsuan terhadap plat noner polisi di kendaraan yang dibawanya akan diberikan sanksi tilang dan pidana. 

"Penegasan tindakan ini sebagaimana dikatakan Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Muhammad Nasir, Sabtu, (27/7/2019) yang telah dilansir Tempo.co, bahwa
pelaku telah melakukan tindak pidana juga karena menggunakan nomor uang tidak sesuai dengan identitas kendaraannya."

Netizen bernama Radityo Utomo mengugkapkan adanya pemalsuan tersebut di akun Twitternya @rdtyou, pada Jumat, 26 Juli 2019. Ia pun meminta agar polisi segera menindak pemilik mobil yang memalsukan plat nomor Toyota Yaris-nya B 1826 UOR, tahun 2012.

Tolong solusinya supaya ga berkelanjutan. Saya kena tilang ETLE/tilang elektronik gara2 oknum pemalsu plat nomor. Dia sengaja ganti plat dia ke nomor lain (mungkin menghindari ganjil genap). Sayangnya nomor yg dia pake itu punya saya @DivHumas_Polri @TMCPoldaMetro," tulis Radityo.

Nasir menjelaskan pelaku akan dijerat pasal pidana di KUHP karena melakukan pemalsuan dan mengambil hak orang lain. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, kata dia, bakal menyerahkan penyelidikan tindak pidana tersebut ke Direktorat Kriminal Umum. "Sebab, pidananya masuk pidana umum," ujarnya.

Polisi menyatakan pemalsu plat nomor Toyota Yaris B 1826 UOR, yang tertangkap kamera electronic traffic law enforcement atau tilang elektronik, tidak hanya melanggar peraturan lalu lintas.

Namun, pelaku yang belum diketahui identitasnya tersebut juga melanggar tindak pidana dengan menggandakan plat nomor tersebut yang kepergok kamera tilang elektronik.

Terkait persoalan pemalsuan tersebut secara tegas Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan akan menindaklanjuti sesuai aturan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang ada di Undang-Undang Lalu Lintas. Sebab, ada aturan terkait dengan standar besar, jenis huruf dan spesifikasi nomor kendaraan.

Dalam pelanggaran yang terekam tilang elektronik tersebut, Nasir memastikan tidak ada kesalahan sistem. Mobil Yaris yang menggunakan plat nomor palsu tersebut terekam kamera tilang elektronik di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, 18 Juli lalu.

"Yang harus disampaikan ini bukan salah sistem (di tilang elektronik). Ini ada pemilik kendaraan yang memalsukan nomor polisinya. Bukan human eror dalam penindakannya juga," kata dia.(R-06)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad