Terkait OTT, Ditkrimsus Poldasu Periksa Sekda Siantar - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

7/23/2019

Terkait OTT, Ditkrimsus Poldasu Periksa Sekda Siantar


Medan.sinarsergai.com-Ditkrimsus Poldasu melakukan pemeriksaan terhadap Sekda Pemko Siantar, Budi Utari Siregar dalam kapasitas sebagai saksi dalam kasus dugaan pemotongan insentif pekerja pemungut pajak Selasa (23/7/2019) pagi.

Budi yang ditemui wartawan usai diperiksa mengatakan dirinya memang diperiksa sebagai saksi " banyak lah pertanyaan yang diajukan ke saya" ujar Budi yang saat itu mengenakan seragam dinas seraya bergegas menuju mobilnya

Selain Sekda Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) akan melakukan pemeriksaan terhadap Wali Kota Pematang Siantar, Hefriansyah. Pemeriksaan itu terkait masalah pemotongan 15 persen insentif petugas pemungut pajak di Kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), yang akhirnya menyeret Erni Zendrato selaku Bendahara Pengeluaran BPKD Kota Pematang Siantar, dan Kepala BPKD Pematangsiantar Adiaksa Purba sebagai tersangka.”Surat panggilan untuk dilakukan pemeriksaan terhadap Wali Kota Pematang Siantar sudah dilayangkan. Rencananya, pemeriksaan dilakukan pekan depan. Pemeriksaan terkait dengan insentif petugas pemungut pajak yang dipotong sebesar 15 persen. Ini berkaitan dengan operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor BPKD Siantar,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Senin kemarin.

Dalam OTT itu, petugas mengamankan uang hasil pungutan liar sebesar Rp 186 juta. Selain itu, petugas juga kembali melakukan penggeledahan di Kantor BPKD Siantar di Jl Merdeka No. 8 Pematang Siantar. Petugas mengamankan sejumlah dokumen penting terkait dalam kasus yang ditangani. Dokumen itu juga dijadikan barang bukti.

Direktur Krimimal Khusus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana mengatakan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Pematangsiantar, Adiaksa Purba, sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemotongan pemotongan insentif pekerja pemungut pajak sebesar 15 persen dari dari uang yang diterima triwulan II tahun 2019.

“Pemotongan insentif pekerja pemungut pajak itu sudah berlangsung lama dan mengalir kepada kepala dinas. Orang bersangkutan datang sendiri untuk diperiksa penyidik, Sabtu (13/7) malam.

Setelah diperiksa langsung dilakukan penahanan,” ujar Rony Samtana sambil menambahkan, Adiaksa Purba ditetapkan sebagai tersangka setelah petugas tindak pidana korupsi (Tipikor) Polda Sumut, melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 16 orang pegawai BPKD Pematang Siantar.Setelah dilakukan pemeriksaan, dari 16 orang yang diamankan itu, satu di antaranya adalah Bendahara Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Pematang Siantar, Erni Zendrato, ditetapkan sebagai tersangka. Belasan orang lainnya sudah dipulangkan.

Mereka sebagai saksi dalam kasus dugaan pemotongan insentif pekerja pemungut pajak.(mar)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad