Sambut HUT RI 74, Kodim 0204/DS Gelar Lomba Tari Tarbuba Untuk Kecintaan Budaya Asli Daerah - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad

Space Iklan

Post Top Ad

test banner

8/15/2019

Sambut HUT RI 74, Kodim 0204/DS Gelar Lomba Tari Tarbuba Untuk Kecintaan Budaya Asli Daerah

Dandim 0204/DS Letkol (Kav) Syamsul Arifin menyapa peserta Tari Tarbuba, Kamis (15/8/2019) di Aula Kodim 0204. (sinarsergai.com)


Deliserdang,sinarsergai.com-Untuk melestarikan budaya bangsa khususnya tarian daerah yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kodim 0204/DS menggelar Lomba Tari Bukit Barisan (Tarbuba) tingkat pelajar SMP dan SMA di Makodim Lubukpakam, Kamis (15/8/2019) tadi.

Dandim 0204/DS, Letkol (Kav) Syamsul Arifin membuka secara resmi Lomba Tari Tarbuba yang diikuti 24 peserta se Sumatera Utara, mulai dari Pelajar SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Medan.

Dalam kata sambutannya di depan para Danramil yang ada di jajaran Kodim 0204/DS, Letkol (Kav) Syamsul Arifin mengatakan bahwa Tari Tarbuba atau Tari Bukit Barisan ini merupakan tarian kolaborasi antar etnis yang ada di Sumatera Utara dan dicetuskan oleh Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah dalam menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia.

Usai memberikan kata sambutannya, Dandim 0204/DS kepada wartawan mengatakan, lomba tari Bukit Barisan atau Tarbuba yang dicetuskan Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah ini sebagai bentuk kecintaan kepada budaya asli daerah dan untuk melestarikan budaya asli daerah yang terancam era globalisasi dengan tari-tarian modern.
Peserta menampilkan Tari Tarbuba di depan 2 orang juri. (sinarsergai.com)

“Tari Tarbuba yang dicetuskan atau diprakarsai oleh Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah dalam menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia diharapkan generasi muda milineal cinta dengan budaya asli daerahnya dan tidak malu untuk melestarikan budaya asli daerah tersebut,” Ujar Syamsul.

Dandim 0204/DS juga menambahkan bahwa Lomba Tari Tarbuba ini merupakan dikolaborasi antar etnis, seperti etnis Melayu, Simalungun, Karo dan etis lainnya yang ada di Sumut. "Lomba ini dilakukan untuk tingkat pelajar SLTP dan SLTA se-Sumut. Ada pesertanya datang dari Tebingtinggi, Sergai, Deliserdang, Medan, Langkat dan daerah lainnya," kata Dandim.

Untuk hadiah kepada pemenang tutur Syamsul Arifin selain mendapatkab piala juga akan diberikan uang pembinaan sebagai apresiasi kepada para juara. "Mudah-mudahan acara seperti ini Insya Allah akan kita gelar setiap tahunnya menjelang HUT RI," pungkasnya.

Dalam lomba itu terlihat para siswa yang menari mengenakan pakaian etnis lengkap. Tarian diperlombakan secara serentak dengan mengikuti irama musik dari speaker yang telah disediakan panitia dan para juri di datangkan dari Medan. (R-02)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here