Usman Sitorus : Ekonomi Kerakyatan Basis Utama Kekuatan Pembangunan Daerah - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad




Post Top Ad



8/26/2019

Usman Sitorus : Ekonomi Kerakyatan Basis Utama Kekuatan Pembangunan Daerah

Plh. Bupati Sergai Darma Wijaya menyaksikan Kwtua KAHMI Sergai menerika SK kepengurusan periode 2019 -2022, Senin (26/8/2019)


Sergai,Sinarsergai.com - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) diminta untuk menumbuhkan dan meningkatkan sentra-sentra ekonomi kerakyatan.

"Ekonomi kerakyatan merupakan basis utama kekuatan pembangunan daerah. Oleh karena itu eksistensinya harus dijaga dan dikembangkan." Potensi itu sudah di Sergai meliputi kebetadaannya di desa-desa seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), namun sangat disayangkan, pemerintah yang saat ini bisa diharapkan tidak sekedar berperan sebagai pencipta kegiatan pelatihan, tapi mampu menyentuh hingga ketingkat bawah dengan berprilaku sebagai pemasaran produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM. 

Selanjutnya, soal pedagang di Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan yang belakangan ini muncul semacam permasalahan  bagi pelaku usaha itu sendiri dan  bahkan sepinya pembeli telah "dikambing hitamkan" penyebabnya pembangunan jalan tol. Nah, persoalan ini perlu dilakukan pengkajian tentang hal itu, apakah benar itu disebakan jalan tol atau menurunnya minat masyarakat untuk membeli karena mungkin produk yang dijual kurang menarik.

"KAHMI Sergai mendorong dan mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan posisi dari pemberi pelatihan, pencipta UMKM meningkat menjadi  penghubung dan pemasaran. Nah, ketika itu tidak dilakukan pemerintah maka UMKM Sergai terancam "gulung tikar". 

Begitu juga dengan kondisi Pasar tradisional Sei Rampah, bagaimana menjadikan pasar ini sebagai pasar induk sehingga semua aktivitas perdangangan terpusat disana. 

Hal ini disampaikan oleh Usman Effendi Sitorus S.Ag, MSP yang akrab dipanggil Ustor ketika dilantik menjadi Ketua MD KAHMI (Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam), periode 2019-2022, Senin (27/8/2019) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai.

Ustor dilantik oleh  Majelis Wilayah (MW) KAHMI Provinsi Sumatera Utara (Sumut), diwakili Delyuzar Haris.

Sementara itu, Plh. Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam sambutannya sangat menyambut baik ide dan gagasan terkait pembangunan ekonomi kerakyatan yang dicetuskan Ketua MD-KAHMI Sergai tersebut. “Sebagai orang yang berlatar belakang pelaku usaha, saya menyambut baik gagasan ini,”ujar Darma Wijaya.

Mewakil MW-KAHMI Sumut Delyuzar Haris mengutarakan  harapan agar seluruh keluarga besar KAHMI Sergai dapat membesarkan dan menjaga nama baik serta kehormatan organisasi.

Adapun pengurus MD-KAHMI Sergai yang dilantik periode 2019-2022, Ketua H. Usman Effendi Sitorus, S.Ag, M.SP,  Sekretaris Khairul Hakim dan Bendahara Murti Anugrah, S.Sos. (R-03)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad