Walikota Medan Sebut Kesadaran Pelajar Berlalulintas Perlu Ditingkatkan Demi Keselamatan - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

8/06/2019

Walikota Medan Sebut Kesadaran Pelajar Berlalulintas Perlu Ditingkatkan Demi Keselamatan




Medan,Sinarsergai.com-Sebanyak 50 orang pelajar mengikuti Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat SMA/SMK Sederajat Kota Medan 2019 di Deli Room Medan Club Jalan Kartini, Medan, Selasa (6/8).

Kegiatan ini digelar sebagai upaya membangun dan mewujudkan budaya keamanan serta keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Medan.

Selama tiga hari, mulai 6-8 Agustus, para pelajar selanjutnya akan mengikuti rangkaian kegiatan serta pelatihan maupun pembelajaran  dengan sejumlah materi, diantaranya bidang keselamatan jalan, asuransi, psikologis pengemudi dan pemberian motivasi oleh motivator nasional.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis yang membuka acara  berharap, seluruh siswa dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan sebaik-baiknya. "Yakinlah tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat. Harapan kami pengetahuan yang diperoleh seluruh peserta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Iswar.

Kemudian Iswar memaparkan, Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, guna mendukung program pemerintah sesuai UU No.22/2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Dikatakan Iswar, melalui UU No.22/2009, pemerintah diwajibkan untuk meningkatkan keselamatan angkutan jalan, terutama bagi pelajar dan siswa. Atas dasar itulah bilangnya, Pemko Medan menggelar kegiatan tersebut. “Ini merupakan tahun kedua kita lakukan,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, jelas Iswar, Pemko Medan ingin meningkatkan kesadaran para  para pengguna jalan, terkhusus para pelajar. Dengan demikian para pelajar akan mengetahui betapa pentingnya keselamatan dalam berlalu-lintas. “Kita harapkan usai mengikuti kegiatan ini, para pelajar dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas di lingkungans ekolah maupun  tempat tinggalnya,” harapnya.

Saat ini papar Iswar, tercatat 50 pelajar yang mengikuti Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat SMA/SMK Sederajat Kota Medan 2019.  Selanjutnya akan dipilih siapa pelajar yang akan menyandang predikat  sebagai peserta terbaik.

Selanjutnya peserta terbaik itu imbuh Iswar, akan mewakili Kota Medan untuk mengikuti Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Tingkat Provinsi Sumut. “Kita harapkan mereka keluar sebagai pemenangan dan akan mengikuti pemilihan untuk tingkat nasional di Jakarta,” terangnya.

Sedangkan Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihatini yang turut menghadiri acara menjelaskan, keselamatan berlalulintas sangat penting. Sebab, lalu lintas menunjukkan  budaya suatu bangsa. Dia berharap yang penting dalam kegiatan ini bukan karena hadiahnya melainkan pemahaman akan pentingnya keselamatan berlalu –lintas di jalan raya.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, saya berharap agar adik-adik pelajar dapat menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Sebab, angka kematian tertinggi dalam ke celakaan tertinggi adalah usia produktif  mulai usia 15-21 tahun,” papar Kasatlantas.  (mar)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad