Mendag Resmikan Balai Pengawasan Tertib Niaga - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad




Post Top Ad



10/09/2019

Mendag Resmikan Balai Pengawasan Tertib Niaga


Medan, Sinarsergai.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan secara nasional empat Balai Pengawasan Tertib Niaga yang ada di Kota Medan (Sumatera Utara), Bekasi (Jawa Barat) Surabaya (Jawa Timur), dan Makassar (Sulawesi Selatan). Peresmian dilakukan Mendag di Kantor Balai Pengawasan Tertib Niaga Medan yang menumpang di Gedung Surveyor Indonesia Jalan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Medan, Rabu (9/10/2019).

Dalam peresmian itu turut hadir Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajeckshah yang mewakili Gubsu Edy Rahmayadi, Kapoldasu Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Very Anggridjono,  Wakil Walikota Medan Akhyar asution, Kepala Bea Cuka Kanwil Sumut Oza Olavia, dan lainnya.

Mendag Enggartiasto Lukito menyebutkan, peresmian Balai Pengawasan Tertib Niaga sebagai antisipasi banyaknya penyelundupan baik masuk maupun keluar Indonesia, sebagai konsekuensi dari tertibnya pengawasan terhadap barang ekspor dan impor yang dilakukan RI di berbagai pos perbatasan (post border).

Dikatakannya saat ini pemerintah melakukan relaksasi reinvestasi guna mengantisipasi efek perang dagang antara Amerika Serikat (AS) versus China, AS vs Uni Eropa, dan Jepang vs Korea Selatan. "Kita harus mengambil momentum ini dan harus fleksibel," ujar Mendag.

Dampak perang dagang adalah melimpahnya barang-barang, terutama ke negara-negara yang jumlah penduduknya besar seperti RRC, India, AS, dan Indonesia. Karena itu, ujarnya, perlu kecermatan untuk mengantisipasi banjirnya barang-barang impor, terutama yang tidak berizin.

Sementara itu Wagubsu Musa Rajeckshah atau yang akrab disapa Ijeck berterimakasih karena Mendag Enggartiasto Lukita memilih Kota Medan sebagai lokasi peresmian empat Balai Pengawasan Tertib Niaga. 

"Diharapkan peresmian balai ini bisa meminimalisir tindakan impor yang melanggar aturan. Dan kami siap mendukung dalam penertiban di post border ini. Kami juga berharap para importir patuh pada peraturan yang ada dalam melakukan impor barang," ujar Wagubsu.

Setelah penyampaian berbagai kata sambutan, Mendag Enggartiasto Lukito didampingi Wagubsu Musa Rajeckshah, Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dan pejabat lainnya menandatangani empat Balai Pengawasan Tertib Niaga untuk Kota Medan, Bekasi, Surabaya, dan Makassar. Selanjutnya Enggartiasto Lukita dan rombongan naik ke lantai tiga gedung teraebut untuk melakukan pengguntingan pita di ruangan Balai Pengawasan Tertib Niaga Kota Medan.(rik)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad