Mengenalkan Al Qur’an di Desa Pesisir Pantai Bagi Sekecil - Sinar Sergai

Breaking

Post Top Ad



Post Top Ad

10/27/2019

Mengenalkan Al Qur’an di Desa Pesisir Pantai Bagi Sekecil

Kegiatan Mengaji di TPQ Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura, Langkat.


Langkat,Sinarsergai.com - Sebagai orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Buah hati yang shalih dan shalihah menjadi dambaan setiap orang tua muslim. Salah satunya pengajaran mengaji Al Qur'an ini di lakukan, di Dusun Satu Desa Tapak Kuda Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Untuk membentuk karakter anak sebagai muslim yang seutuhnya, tentunya sebagai orang tua perlu mengarahkan anaknya.Karena karakter anak akan terbentuk dari keluarga dan berkembang di lingkungan sekitarnya. Menurut Zainul, salah Guru Taman Pembacan Al Qur'an(TPA/TPQ) di Desa Tapak Kuda, kepada sinarsergai.com, Minggu (27/17/2019) mengatakan, didiklah anak kita semenjak dini.

Jadikanlah Al Qur’an sebagai pedoman dalam mendidik anak. Sebagai petunjuk bagi manusia, Al-Qur’an adalah ilmu diatas segala ilmu, sebut Zainul. Jadikanlah anak kita generasi pecinta Al Qur’an. Dengan menyelami Al Qur’an ini, anak akan menemukan banyak hal menarik yang membuatnya semakin cinta pada agamanya, beber guru mengaji ini, di desanya, di Tapak Kuda.

Menurut Zainul, di TPQ miliknya ini, pihaknya melakukan pengajaran mengaji dari mulai iqro sampai iqro 6. Setelah tamat iqro, kita lanjutkan dengan  juz ammah. Kenapa kita harus melanjutkan mengazi ketingkat juz ammah, agar sianak itu lebih cepat memahami untuk masuk ketingkat Qur'an.

Dengan mengazi juz ammah itu juga, maka sianak lebih mempahamlagi mengenali hurub tajwid. Dimana sianak mengerti atau tau panjang pendek bacaan Al Qur'an, begitu juga dengan dengungan bacaannya, termasuk memahami baris harokad. Pemberian tanda harokad ini bertujuan untuk membedakan antara huruf-huruf yang memiliki bentuk penulisan yang sama, dengan kelirunya membaca panjang pendeknya tanda harokad, maka bisa merusak arti, ungkab Zainul.

Muhammad Doni Akbar, selaku murid mengaji, yang juga pelajar kelas 6 SDN Desa Tapak Kuda, seusai mengaji, ketika ditanya, berapa lama sudah mengikuti mengaji di TPQ milik Zainul ini, pihaknya mengatakan, bahwa dirinya sudah mengaji selama 6 tahun, dan saat ini mengazi sudah zus 23 Al Qur'an, katanya.(RF)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad