Objek Wisata Sergai Berpontensi Sumbangkan PAD Terbesar (Catatan Zuhari Redaksi Media Online Sinarsergai.com) - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

10/21/2019

Objek Wisata Sergai Berpontensi Sumbangkan PAD Terbesar (Catatan Zuhari Redaksi Media Online Sinarsergai.com)


Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya menikmati menu ikan laut di Pantai Romantis belum lama ini


Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Propinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan pecahan dari Kabupaten Induk Deli Serdang. Kabupaten Sergai yang kini berusia 15 tahun dan sejak lahir sudah memiliki banyak tujuan wisata bagi pelancong yang ingin berkunjung di daerah ini. Tak sedaplah jika sudah kedua kaki menginjakan ke “Tanah Bertuah Negeri Beradat” namun belum menikmati keindahan dan kesejukan objek wisata memiliki daya tarik masing-masing.

Memang saat ini pihak pengelola sangat gigih dan terus berinovasi terhadap objek wisata tersebut seperti Pantai Pondok Permai, Theme Park Pantai Cermin, Romantis. Pantai ini memang cocok menajdi pilihan lokasi rekreasi bagi keluarga.

Di Pondok Permai misalnya, pengunjung dapat menikmati menu laut dengan masakan khas asam manis. Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut disertai lambaian angin dan alunan musik. Tempat yang disediakan cukup bagus unik dan menggoda. Disini anda dapat mengeluarkan sedikit uang recehan untuk membayar tiket masuk yang harganya sangat terjangkau dan tidak membebani isi dompet maupun kantong. Pantai Pondok Permai ini cukup padat dikunjungi masyarakat khususnya pada hari libur. Lokasi pantai ini hanya berjarak lebih kurang 14,8 KM dengan waktu 26 menit dari Kota Perbaungan.

Disampingi itu, ada lagi objek wisata yang lebih menarik dan jaraknya tidak jauh dari Pantai Pondok Permai. Ini pas sebagai pilihan menjadi objek wisata keluarga, yakni Theme Park Pantai Cermin. Objek wisata ini berada di Desa Pantai Cermin Kanan,Kecamatan Pantai Cermin, Sergai.

Theme Park ini menyediakan mainan anak-anak dan juga tempat penginapan. Meski pun harga tiket masuk sedikit berbeda dengan Pantai Pondok Permai, namun fasilitas yang tersedia juga berbeda.

Nah, jika anda sudah berada didalam Theme Park, maka anda akan malas untuk keluar lagi. Begitu juga apabila anda hanya merencanakan satu jam saja didalam bersama anak - anak, maka waktu yang anda jadwalkan itu tanpa disadari akan mengalami penambahan dengan sendirinya hingga mencapai 2 jam kedepannya. Sehingga anda lupa bahwa sudah 3 jam anda menikmati aneka permainan air di objek wisata Theme Park Pantai Cermin.

Objek Wisata Theme Park ini menyediakan mainan anak-anak seperti Wahana Pantai Cermin Water Park, Children Pool, Around WorldKolam Dewasa, berbagai peluncuran air, air mancur, jamur, mini Zoo.
 
Wahana permainan air di Objek Wisata Tdheme Park Pantai Cermin
Selain itu, masih ada lagi objek wisata yang dapat dinikmati keindahan dan kesejukan alam. Pengunjung dapat mendatangi Pantai Romantis yang berlokasi di Desa Naga Lawan,Kecamatan Perbaungan, yang hanya berjarak 8,6 Km dari Desa Firdaus,Kecamatan Sei Rampah. Wah, di pantai ini anda akan merasakan keindahan tanaman pohon cemara yang berjejer teratur sehingga arealnya sejuk. Disampingi itu, pantai ini sangat bersih dan sulit didapati dari tempat yang lain. Bedanya Pantai Romantis ini, selain arealnya sangat sejuk dan pemandangannya cukup indah, pasirnya sangat bening sehingga membuat kedua bola mata pengunjung menjadi jernih dan sehat spotanitas dari kelelahan melihat suasana kantor dan kemacetan arus lalulintas di jalanan.

Anda dapat berada di Pantai Romantis ini hanya membayar tiket masuk dan parkir saja. Di dalam pantai ini ada juga pemadangan yang menarik dan unik yakni terdapat tanaman Manggrove yang sudah ditata dengan baik dan sangat indah. Jangan pernah anda lewatkan jika sudah di Pantai Romantis, maka kunjungilah tanaman Pohon Manggarove., disini anda  seperti berada didalam hutan yang rindang dan terasa nyaman untuk melakukan aktivitas. Lokasi ini sangat menarik dijadikan sebagai tempat selfi.

Perlu Keseriusan Kelola Objek Wisata

Beraneka ragam keindahan dan keunikan yang ada di objek wisata Sergai ini. Itu semua harus kita disyukuri.Objek wisata ini bukan saja berpotensi menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun memiliki peluang besar dalam mengurangi angka pengangguran di desa pesisir. Sebab, dalam satu objek wisata diperkirakan dapat menampung puluhan orang bekerja. Peluang ini harus dapat terus ditingkatkan dan diharapkan Kepala Dinas Pariwisata Sergai yang juga orang Melayu kiranya berperan aktif dalam memajukan objek wisata ini.

Jangan terlena, teruslah melahirkan terobosan-terobosan untuk memajukan wisata didaerah ini sehingga masyarakat Melayu yang berada disana dapat memperbaiki kondisi ekonominya. Majunya wisata Sergai, maka tidak secara langsung kita telah mengangkat taraf hidup orang pesisir, sebab lokasi objek wisata itu berada di pesisir. Saya juga mengapresiasi Bupati Sergai Ir.H.Soekirman dan Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya yang begitu gigih dalam mempromosikan objek wisata daerah ini hingga ke luar negeri.

Mari kita bahu membahu membangun daerah ini untuk mewujudkan kemajuan Sergai kedepan.  Objek wisata Sergai memiliki potensi besar menyumbangkan PAD, jika dikelola dengan serius. Hal ini diungkapkan Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Sergai yang juga Tokoh Pemekaran Sergai H.OK. David Purba. *****************

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad