Dinas Lingkungan Hidup Sergai Diminta Segera Umumkan Hasil Pemeriksaan - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

11/14/2019

Dinas Lingkungan Hidup Sergai Diminta Segera Umumkan Hasil Pemeriksaan




Sergai,Sinarsergai.com -  Keresahan masyarakat mengenai dugaan air sungai mengalami pencemaran dan isu ikan hasil tangkapan nelayan makan bangkai Babi sudah jadi perbincangan hangat diberbagai kalangan masyarakat. 

Kondisi ini kata Ketua Front Komunikasi Indonesia Satu (FKI 1) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) M.Nur Kamis (14/11/2019)  tentunya bisa berdampak terhadap  aktivitas keseharian masyarakat pesisir maupun nelayan.


Sebab air sungai yang berada di Kecamatan Bedagai,Sei Rampah dan Sei Bamban sudah dipenuhi oleh bangkai Babi. Justru itu masalah ini butuh gerak cepat dari Pemerintah Kabupaten Sergai dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Sergai yang berwenang melakukan pemeriksaan kadar air sungai untuk mengetahui tercemar atau tidaknya air sungai tersebut. 

Dampak lain katanya lagi,  bukan hanya resah, telah muncul dampak baru yang kini mempengaruhi aktivitas masyarakat dalam keseharian, baik mencuci pakaian, alat dapur, dan mandi bahkan tidak lagi mau membeli ikan hasil tangkapan nelayan. Hal ini semestinya dapat diselesaikan dengan cepat. 

Keraguan dan keengganan masyarakat memakan ikan mungkin disebabkan isu air sungai yang sudah tercemar bangkai Babi. Akibatnya pendapatan nelayan mengalami penurunan secara dratis.

Dikatakannya, ini hanya persoalan keinginan dan keseriusan pejabat Dinas Lingkungan Hidup Sergai untuk menjemput bola bagaimana hasil pemeriksaan kadar air sungai tersebut ke Medan, jangan lagi menunggu. Menurutnya, kemungkinan saja bisa diketahuinya hasil kadar air sungai yang diperiksakan melalui laboratorium Medan dalam jangka waktu 2 x 24 jam, tidak harus menunggu sampai 7 hari.

“Kita sedih melihat kondisi masyarakat pesisir saat ini. Pasalnya, hampir semua mengeluh dan merasakan resah. Pemkab Sergai sangat diharapkan bisa memberikan penjelasan secepatnya terkait hasil pemeriksaan kadar air sungai yang sudah dipenuhi bangkai Babi.

Dengan adanya keterangan resmi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sergai melalui media massa maupun surat ke camat-camat, maka ini akan membantu meluruskan isu miring tersebut. Terutama soal ikan hasil tangkapan nelayan yang disebut-sebut makan bangkai Babi.” Kata M.Nur.

Terkait dengan pemeriksaan kadar iar yang dibawa ke Laboraturium Medan, Kadis Lingkungan Hidup Sergai Panisean Tambunan mengatakan hasilnya baru bisa diketahui setelah 7 hari. Pemeriksaan sudah berjalan 3 hari jadi menunggu empat hari lagi.jelasnya.(R-03)




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad