Terkait Kadar Air Sungai Sei Rampah di Atas Baku Mutu, Bupati Sergai Ir.H.Soekriman : Perlu Dicek Kembali dan Aparat Penegak Hukum Diminta Bertindak - Sinar Sergai

Breaking

Space Iklan

Post Top Ad

11/26/2019

Terkait Kadar Air Sungai Sei Rampah di Atas Baku Mutu, Bupati Sergai Ir.H.Soekriman : Perlu Dicek Kembali dan Aparat Penegak Hukum Diminta Bertindak

Sungai Bedagai Kecamatan Tanjung Beringin di Dusun I Desa Tebing Tinggi.


Sergai,Sinarsergai.com – Kadar air sungai yang berada di Bedagai Kecamatan Tanjung Beringin dan Sei Rampah yang diambil sample dengan titik kordinat Sungai Bedagai Dusun I Desa Tebing Tinggi,Kecamatan Tanjung Beringin,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai),Sumatera Utara (Sumut)  didepan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) N: 03’29’50,0712” E: 099’55,7808” yang diperiksakan ke Laboratorium PT. Mutu Agung Lestari Medan diketahui hasilnya mengandung COD,BOD, minyak lemak dan bakteri. Hasil ini menunjukan kadar air sungai tersebut sudah diatas baku mutu.

Bupati Kabupaten Sergai Ir.H.Soekirman saat dimintai tanggapan dengan hasil pemeriksaan kadar air sungai itu via WhatasApp,Selasa (26/11/2019) mengatakan perlunya dilakukan pemeriksaan ulang ke Laboratorium yang lain seperti memeriksakan Laboratorium milik  PT.Sucofindo dan dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembuangan sampah apapun ke sungai Sei Rmapah dan Bedagai. Untuk menjaga kelsetarian kebersihan sungai diminta apaarat penegak hukum untuk intensif  dalam penindakan terhadap orang yang telah melanggar aturan.Dan dijelaskannya lagi, jika ikan dalam sungai tidak mati, biasanya kadar air sungai itu masih dibawah ambang batas.Ujar Bupati.  

Sementara Ketua DPRD Sergai dr.Riski Ramadhan Hasibuan SH mengatakan hingga saat ini pihak belum ada menerima salinan hasil pemeriksaan kadar air Sungai Sei Rampah dan Bedagai dari Dinas Lingkungan Hidup Sergai. Mengenai kadar aiar sungai itu memiliki kandungan COD, BOD dan bakteri nanti kata Riski, akan kita pelajari lagi.Ucapnya usai menghadiri pertemuan membahas iruan BPJS kesehatan di Dinas Kesehatan Sergai.

Sebelumnya Kadis Lingkungan Hidup Sergai Panisean Tambunan SE menerangkan hasil pemeriksaan dari Laboratorium di Medan diketahui kadar air kedua sungai itu memang sebelumnya sudah diatas baku mutu. Namun, air sungai yang sudah melalui proses pengolahan dengan mempergunakan mesin yang standar bakteri dan lainnya akan mati. Dengan demikian, air yang sudah melalui pengolahn yang benar boleh saja dikomsumsi.Ucapnya.(Red)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad